Akan dibuka pendaftaran/admisi mahasiswa baru periode II Pasca Sarjana Program Magister Online pada tanggal 19 Oktober-22 November 2017. Pembayaran admisi periode II dapat dilakukan pada tanggal 19 Oktober-29 November 2017 dan pengumuman hasil seleksi periode II yaitu tanggal 4 Januari 2018. ***************************** Dan untuk Program Sarjana PGSD dan PGPAUD pendaftaran mahasiswa baru dilaksanakan pada tanggal 4 Desember-14 Februari 2018 serta Program Sarjana FE, FHISIP FMIPA dan FKIP pendaftaran mahasiswa baru dilaksanakan pada 4 Desember-10 Januari 2018
Cetak

Visi & Misi

Ditulis oleh hudi. Posted in Profil

 Visi, Misi dan Tujuan UPBJJ-UT Palangka Raya

 

                 UPBJJ-UT Palangka Raya adalah penyelenggara pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh merupakan unit pengelola UT di wilayah kerja Kalimantan Tengah. UPBJJ-UT Palangka Raya bertanggungjawab atas perencanaan, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi, seluruh kegiatan registrasi, pendistribusian bahan ajar, pembelajaran dan ujian di wilayah Kalimantan Tengah.

 

Visi

 

Menjadi salah satu unit penyelenggara PTTJJ unggulan di antara UPBJJ-UT se Indonesia untuk mendukung pencapaian visi UT: Pada tahun 2021 UT menjadi institusi PTTJJ berkualitas dunia dalam menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki daya saing tinggi serta dalam mengembangkan teori dan praktek PTTJJ.

 

Misi:

1.Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat di Kalimantan Tengah melalui UPBJJ-UT Palangka Raya sebagai penyelenggara berbagai program PTTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.

2.Meningkatkan efektifitas pembelajaran melalui layanan bantuan belajar bagi mahasiswa UPBJJ-UT Palangka Raya Kalimantan Tengah.

3.Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang mampu bersaing melalui evaluasi proses dan hasil belajar yang akurat.

4.Meningkatkan kemitraan dengan masyarakat dan pemerintah daerah dalam memberikan dukungan dan bantuan bagi guru yang melanjutkan pendidikan UPBJJ-UT Palangka Raya di Kalimantan Tengah.

 

Isu Strategis

 

a. Perkembangan IPTEK semakin pesat maka sangat dibutuhkan manusia yang cerdas, terampil dan berintegritas.

 

b. Sumber Daya Manusia sebagai kunci utama meningkatkan kesejahteraan rakyat.

 

c. Tidak semua masyarakat memiliki kemampuan, kesempatan kuliah di Perguruan Tinggi Tatap Muka karena keterbatasan Ekonomi, jarak, waktu dan ruang.

     d. Masih banyak masyarakat yang belum memiliki kualifikasi S1, S2 

PROFIL 
Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Palangka Raya
Jl. G. Obos No. 177 depan Asrama Haji Palangka Raya 73112
Telp. 0536-3221084, 3306440, Fax. 0536-322108
Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 Tampak Depan

Latar Belakang

 

Universitas Terbuka  (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri yang diresmikan Pemerintah Republik Indonesia tanggal 4 September 1984 dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 41 tahun 1984 untuk menyelenggarakan Pendidikan Tinggi dengan sistem pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh.

Latar belakang berdirinya Universitas Terbuka  adalah :

-      Mengakomodir  para  lulusan SLTA yang tidak mendapat kesempatan kuliah di perguruan tinggi tatap muka karena terbatasnya  ruang kelas.

-    Terbatasnya kesempatan masyarakat mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi yang disebabkan oleh : Kondisi Geografis, Keadaan Ekonomi Keluarga relatif sulit, Terbatasnya waktu, ruang dan jarak ke Perguruan Tinggi, dll.

-          Sulitnya  para PNS maupun pegawai swasta mendapatkan kesempatan meningkatkan Kualitas dan Kualifikasi Pendidikan  ke jenjang Perguruan Tinggi karena tidak dapat meninggalkan tugas dan tanggunjawabnya sebagai PNS/karyawan swasta.

-          Kualitas SDM harus ditingkatkan termasuk kualifikasi pendidikannya ke jenjang Perguruan Tinggi.

Melihat kondisi tersebut maka para pakar seperti : Prof. Ir. Sidarta Pramoetadi bersama teman-temanya antara lain ; Prof. Dr. Nugroho Notosusanto; Prof. Dr. Yusufhadi Miarso; Prof. Dr. Doddy A. Tisna Amidjja; Prof. Setijadi, Ph.D; Prof. Dr. Sigit Muryono; Prof. Dr. Jusuf Enoch; Prof. Dr. M. Atwi Suparman, M.Sc berpendapat bahwa Kondisi tersebut harus ada jalan keluar yaitu Indonesia mendirikan Perguruan Tinggi yang dapat diikuti oleh semua masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada dari kota sampai ke pelosok desa di seluruh tanah air Indonesia. Maka menyimpulkan bahwa model Perguruan Tinggi yang paling cocok adalah Terbuka dan Jarak Jauh, lahirlah UNIVERSITAS TERBUKA.

Kantor Pusat UT berkedudukan di Pondok Cabe Tangerang Selatan sedangkan untuk melayani masyarakat di seluruh Propinsi dikenal dengan nama  Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT  yang berkedudukan di Ibukota Propinsi di seluruh Indonesia termasuk Propinsi Kaliantan Tengah dengan nama  UPBJJ-UT Palangka Raya beralamat  di Jln. G.Obos No. 177 Depan Asrama Haji Palangka Raya, Telpon 05363221084/Email :
Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. .

UPBJJ-UT Palangka Raya mengawali tugasnya sejak 4 September 1984 dengan segala kekurangan dan keterbatasan yang dapat kami gambarkan sebagai berikut :

a. Riwayat Gedung Kantor, sarana dan prasarana :

Pada mulanya UPBJJ-UT Palangka Raya mendapat pinjaman gedung dari Universitas Palangka Raya (Unpar) di ruang Kuliah FMIPA ukuran 10 x 20 m sampai tahun 1987, kemudian tahun 1987 pindah ke Ruang Kuliah FEKON ukuran 15 x 15 m sampai tahun 1997: Kemudian tahun 1997 pindah ke gedung Ex SMA-2 (PGSD) sampai tahun 2008; akhir tahun 2008 UT membangun gedung sendiri dan mulai menempati gedung baru awal tahun 2009 sampai saat ini.

b. Riwayat Kepala UPBJJ-UT Palangka Raya :

Sejak berdiri UPBJJ-UT Palangka Raya sampai dengan saat ini telah dipimpin oleh beberapa pejabat atau Kepala UPBJJ-UT, dengan urutan sebagai berikut:

1. Prof. Dr. Ahim Rusan (1984-1994)

2. Prof. Drs. A. J. Hariwung (1994-1998)

3. Drs. Saufin, S. Mantir, M.Pd (1998-2002)

4. Drs. Hernie R, Nyarang, MS (2002-2007)

5. Ir. Panji Surawijaya, M.Si (2007-2011)

6. Prof. Dr. Holten Sion, M.Pd (2011-2015)

7. Dra. Johanna BS. Pantow, M.AppL (2015-2019)

c. Riwayat Staf sejak 1984

    1.Sumahur

    2.Drs. Lalok Muhidin

    3.Diaz Budin

   4.Drs. Edi Yarlie (Kasubag-TU 1984-1996)

   5.Bambang, Drs. (Kasubbag TU 2001-2009 dan Koord Regjian 2009-2013)

   6.Drs. Elison, M.Pd

   7.Sri Yuni, S. IP.

   8.Eliyam, S. IP.

   9.Punding, S. IP. (Bendaharawan 1994-1996; Kasubbag TU 1996-2001; Koord BBLBA 2001-2005; Kasubbag TU
2009-2017)

        10.Drs. Purni Kider Dosen FKIP

        11.Drs. Elianus Dosen FKIP

        12.Drs. Muliadi Dosen FKIP 

        13.Drs. Yaden Gordon Dosen FKIP

        14.Atiber Hariwung, S.E.

        15.Diana Akhsa, A.Md. 

        16.Ferdiyanto

        17.Hudi Herdianto, S. Kom. (ICT)

        18.Rahmaddian, S.E., M.M Dosen FEKON

        19.Hariyadi, S.P., M.P Dosen FMIPA

        20.Yovita, S.P, M.P Dosen FMIPA

        21.Stefani Made Ayu Artharini Koesanto, S.Sn., M.Si Dosen FISIP

       22.Permatasari Eka Septiana, S.E (BPP 2016)

d. Riwayat Fakultas dan Prodi yang ada di UPBJJ-UT Palangka Raya

FISIP

FEKON

FKIP

FMIPA

PASCA

SARJANA

1.   ADM. NEGARA (S1)

2.   ADM. NIAGA (S1)

3.   PEMERINTAHAN (S1)

4.   ILMU HUKUM (S1)

5.   KEARSIPAN (D4)

6.   PERPAJAKAN (D3)

7.   KOMUNIKASI (S1)

8.   PERPUSTAKAAN (D2)

9.   PERPUSTAKAAN (S1)

10. SOSIOLOGI (S1)

11 .BHS. INGG.

PENTERJEMAHAN (S1)

12.  HUKUM  (S1)

1.EKON. PEMB (S1)

 

2.MANAJEMEN (S1)

 

3.AKUNTANSI (S1)

 

1. P. MATEMATIKA (S1)

2. PEND. FISIKA (S1)

3. PEND. BIOLOGI (S1)

4. PEND. KIMIA (S1)

5. PPKN (S1)

6. P. EKONOMI (S1)

7. P. BHS. & SASTRA INDO.(S1)

8. P. BHS. INGGRIS (S1)

9. PENDAS PGPAUD  (S1)

10. PENDAS PGSD (S1)

 

1. MATEMATIKA (S1)

2. STATISTIKA  (S1)

3. BIOLOGI (S1)

4. PENYULUHAN PERTANIAN/PETERNAKAN/PERIKANAN (S1)

5. TEKNOLOGI PANGAN   (S1)

6. PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA BIDANG MINAT PENGELOLAAN SDA & LINGKUNGAN (S1)

 

1. MAGISTER ADM. PUBLIK  (MAP)

 

2. MAGISTER MANAJEMEN (MM)

 

3. MAGISTER  PEND. MATEMATIKA

 

4. MAGISTER  MANAJEMEN PERIKANAN

Cetak

Tentang UPBJJ

Ditulis oleh tg. Posted in Profil

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ )

UPBJJ adalah unit pelaksana teknis UT di daerah. Adapun fungsi dan tugas UPBJJ-UT adalah sebagai tempat mahasiswa untuk melakukan kegiatan administratif akademik dan kegiatan akademik.Untuk kegiatan sehari-hari, UPBJJ-UT mempunyai tugas penyelenggaraan pelayanan belajar jarak jauh.

Dalam menyelenggarakan tugas tersebut UPBJJ-UT mempunyai fungsi pokok yaitu :

Melaksanakan kegiatan administrasi dan humas serta promosi yang di koordinasi oleh Ka. Subbag. Tata Usaha.Melaksanakan kegiatan pelayanan administrasi akademik yang meliputi kegiatan registrasi dan pengujian. Kegiatan ini tidak dilakukan secara bersamaan tetapi sangat berkaitan dan berkesinambungan. Oleh karena itu dapat dikoordinasi oleh satu orang koordinator. Jika beban kerja UPBJJ-UT meningkat karena perubahan jumlah mahasiswa, UPBJJ-UT dapat memecahnya menjadi dua yaitu koodinator registrasi dan koordinator pengujian. Melaksanakan kegiatan pelayanan bantuan belajar dan layanan bahan ajar yang meliputi pelaksanaan tutorial, ko dan ekstrakurikuler. Pelaksanaan tutorial di masa yang akan datang diharapkan volumenya akan meningkat yaitu dengan adanya kebijakan baru tentang tutorial dengan rancangan khusus, kegiatan ini cukup dikoordinasi oleh seorang koordinator. Mengembangkan, membina, dan melaksanakan kerjasama dengan berbagai instansi. Fungsi ini adalah wewenang Kepala UPBJJ-UT yang akan menjadi tidak efektif jika didelegasikan kepada koordinator atau staf lainnya.

Cetak

Sekilas UT

Ditulis oleh tg. Posted in Profil

Tentang UT

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 41 Tahun 1984.

A. TUJUAN PENDIRIAN UT

UT didirikan dengan tujuan:

memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia dan warga negara asing, di mana pun tempat tinggalnya, untuk mempeoleh pendidikan tinggi;
memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena bekerja atau karena alasan lain, tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka;
mengembangkan program pendidikan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain.

B. SISTEM PEMBELAJARAN UT

menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/Internet, siaran radio dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

C. CARA BELAJAR

Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat di pelajari secara mandiri. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT, mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan perpustakaan, mengikuti tutorial baik secara tatap muka maupun melalui Internet, radio, dan televisi, serta menggunakan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi atau bantuan tutorial kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.

Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan belajar secara efisien. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Untuk dapat belajar mandiri secara efisien, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efektif, Mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri. Oleh karena itu, agar dapat berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri.

D. SISTEM KREDIT SEMESTER

UT seperti halnya perguruan tinggi yang lain, menerapkan sistem kredit semester untuk menetapkan beban studi mahasiswa tiap semester. Dalam sistem kredit semester, beban studi yang harus diselesaikan dalam satu program studi diukur dengan satuan kredit semester (sks). Setiap mata kuliah diberi bobot 1-6 sks . Satu semester adalah satuan waktu kegiatan belajar selama kurang lebih 16 minggu.

Dalam pendidikan tinggi tatap muka, mahasiswa yang mengambil beban studi satu sks harus mengikuti perkuliahan selama satu jam per minggu di kelas dan satu jam untuk praktek, praktikum, atau belajar di rumah, sehingga dalam satu semester mahasiswa harus mengalokasikan waktu belajar sekitar 32 jam. Untuk menempuh mata kuliah yang berbobot 3 sks dibutuhkan waktu belajar sekitar 96 jam per semester.

Dalam sistem pendidikan jarak jauh, mahasiswa juga harus mengalokasikan waktu yang sama dengan mahasiswa tatap muka (2 jam per minggu per sks). Hanya saja kegiatan belajarnya lebih banyak dilakukan secara mandiri (di rumah, melalui kelompok belajar, dan tutorial).

Khusus untuk UT, satu sks disetarakan dengan tiga modul bahan ajar cetak. Satu modul terdiri atas 40-50 halaman, sehingga bahan ajar dengan bobot 3 sks berkisar antara 360-450 halaman bergantung pada jenis mata kuliahnya. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan membaca dan memahami rata-rata mahasiswa adalah 5-6 halaman per jam hingga untuk membaca bahan ajar dengan bobot 3 sks diperlukan waktu sekitar 75 jam (360-450 halaman dibagi 5-6 halaman). Apabila satu semester mempunyai waktu 16 minggu, maka waktu yang diperlukan untuk membaca bahan ajar dengan bobot 3 sks adalah 75 jam dibagi 16 minggu, atau kurang lebih 5 jam per minggu. Misalnya, mahasiswa mengambil 15 sks/semester, maka yang bersangkutan harus mengalokasikan waktu belajar sebanyak 15 sks dibagi 3 sks kali 5 jam = 25 jam per minggu atau kira-kira 5 jam per hari (1 minggu dihitung 5 hari belajar).

Dengan sistem belajar seperti ini mahasiswa UT diharapkan mengalokasikan waktu belajar sesuai dengan beban sks yang diambil atau mengambil beban sks setiap semester sesuai dengan waktu belajar yang dapat dialokasikan, serta mempertimbangkan kemampuan akademik masing-masing.

E. PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Dalam penyelenggaraan pendidikan, UT bekerja sama dengan semua perguruan tinggi negeri dan sejumlah perguruan tinggi swasta serta instansi yang relevan yang ada di Indonesia. Di setiap provinsi atau kabupaten/kota yang terdapat perguruan tinggi negeri, tersedia unit layanan UT yang disebut UPBJJ-UT. Perguruan tinggi negeri setempat berperan sebagai pembina UPBJJ-UT serta membantu dalam penulisan bahan ajar, bahan ujian, pelaksanaan tutorial, pratek/praktikum, dan ujian.

Untuk memberikan layanan pendidikan secara optimal kepada mahasiswa yang tersebar diseluruh penjuru tanah air dan di luar negeri, UT bekerja sama dengan instansi lain seperti Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri, Televisi Republik Indonesia (TVRI), Q-Chennel, TV-Edukasi, Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Siaran Pemerintah Daerah, Radio Siaran Swasta Niaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia), Atase Pendidikan KBRI, Perpustakaan Nasional RI dan Perpustakaan Daerah, Arsip Nasional, PT OVIS Sendnsave, Koperasi Karunika, dan PT Pos Indonesia.

UT juga bekerja sama dengan instansi-instansi yang ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, baik instansi pemerintah, BUMN maupun swasta. Mereka dapat mengikuti program yang ada di UT atau memesan program studi baru yang sesuai dengan kebutuhan instansinya. UT selama ini telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru SD dan guru Anak Usia Dini melalui program yang dikenal sebagai program Pendidikan Guru Pendidikan Dasar (Pendas). Selain itu UT juga telah mendapat kepercayaan untuk meningkatkan kualitas SDM antara lain dari ANRI, KPN, TNI, Bank BRI, Bank BNI, PT Garuda Indonesia, PT Merpati Nusantara, Departemen Pertanian, Sekretariat Wakil Presiden, Pemerintah Kota/Kabupaten, Pondok Pesantren dan beberapa instansi lainnya.

Tutorial KIT


1. Barito Selatan
     a) PGSD Buntok Semester V
     b) PGSD [ ... ]

Baca Selanjutnya
Pelaksanaan Observasi Praktek Pengalaman Beracara ...
Pelaksanaan Observasi Praktek Pengalaman Beracara     Mahasiswa S-1 Ilmu Hukum UT

Kegiatan observasi proses peradilan kasus perdata dan kasus pidana untuk matakuliah Praktek Pengalam [ ... ]

Baca Selanjutnya
Pedoman Sipas Non-TTM FKIP

Pedoman penyelenggaraan ini disiapkan sebagai acuan bagi para pihak yang berkepentingan terhadap pen [ ... ]

Baca Selanjutnya
Artikel lainnya